Monday, August 22, 2016

Mengenal Sistem Jaringan Komputer

1. Apa itu jaringan komputer ?

jaringan


jaringan komputer (computer network) dapat diartikan sebagai sekelompok komputer yang dihubungkan menggunakan media tertentu sehingga antar komputer yang dihubungkan menggunakan media tertentu sehingga antar komputer dapat saling berhubungan untukberbagi data, informasi, program aplikasi, dan perangkat keras, seperti printer,scanner,CD/DVD Drive, ataupun harddisk.

Adapun beberapa hal yang membuat kita memerlukan jaringan komputer, antara lain:

~ File Sharing
Jaringan komputer dapat membuat user untuk saling berbagi file secara langsung. File atau folder tertentu dapat di-share dijaringan atau diletakan pada komputer server sehingga user dikomputer lain dapat mengaksesnya tanpa mengalami kesulitan karena seolah-olah file atau folder yang diakses berada dikomputer sendiri.

~ Hardware Sharing
Jaringan komputer dapat membuat user untuk saling membagi peranti-peranti dikomputernya dalam jaringan agar dapat digunakan user lain yang tidak memiliki peranti-peranti tambahan dikomputernya sendiri. misalnya, peranti seperti satu buah printer dalam sebuah ruangan dapat digunakan oleh semua user yang terhubung dalam jaringan komputer walaupun user tersebut berada diruangan lain.

~ Program Sharing
dengan jaringan komputer aplikasi-aplikasi tertentu dapat dijalankan dari komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Biasanya file-file dari master aplikasi disimpan dalam komputer server agar dapat diakses dan di install melalui jaringan komputer. Hal ini dapat membuat proses instalasi di jaringan menjadi semakin mudah karena hanya membutuhkan 1 file master.

~ komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan user untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai media, seperti email,newsgroup dan konferensi video. hal ini memungkan karena teks,suara,gambar, dan video dapat ditransmisikan di sepanjang jaringan komputer sebagai data.

~Perlindungan data dan Informasi
jaringan komputer memudahkan upaya perlindungan data dan informasi yang terpusat pada server melalui hak akses dari user serta penerapan sistem password,sehingga tidak semua user dapat mengakses data dan informasi yang ada pada server.

~ Ketentuan Aliran Informasi
jaringan komputer mampu mengalirkan data-data komputer client dengan cepat dan diintegrasikan dalam komputer server. selain itu, jaringan komputer juga mampu untuk mendistribusikan informasi secara continue kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan.

~ Game Jaringan
Meskipun ini sepertinya terlihat mudah namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di dunia. Di beberapa universitas terkemuka di indonesia yang memiliki jurusan programming juga melakukan pengembangan mengenai game jaringan ini, karena sangat menguntungkan secara bisnis. Bermain game jaringan sangat menyenangkan kerena dapat dimainkan secara bersamaan

No comments:
Write komentar