Wednesday, August 24, 2016

Macam-Macam Server

  saat ini, server memiliki macam-macam jenis. Berbagai macam jenis server tersebut memiliki kegunaan dan tugasnya masing-masing. Setiap jenis server tersebut bisa dijadikan satu mesin. Jadi, satu komputer bisa melayani berbagai jenis layanan. Macam-macam server tersebut sebagaimana berikut :

A. Fak Server

fax

      Fak server digunakan untuk melayani servis fax bagi client. semua permintaan pengiriman maupun penerimaan fax akan melalui fax server ini. server fax ini juga dilengkapi dengan modem yang mendukung fungsi fax.

B. FTP Server

    Server ini mempunyai protokol FTP. artinya dengan adanya server FTP ini, segala permintaan FTP (merupakan protokol untuk layanan transfer data) akan terlaksana.

C. Mail Server
mail
   Mail server mempunyai peran untuk melayani client Mail(surat). Dalam hal ini , client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain dimana surat tersebut juga disimpan dalam server mail tersebut. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan perlengkapan mail servis seperti web interfaces untuk memudahkan client menulis surat yang dimiliki client.

D. Database Server
    Seperti namanya , server ini melayani servis untuk client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server Database tersebut, dapat berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak user. Biasanya database tersebut, dikelompokan atau disimpan per client yang memakai layanan database tersebut untuk untuk menghindari pencurian data.

E. Proxy Server
    Proxy Server, bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk menfilter permintaan servis masuk maupun keluar dari sebuah client. Adanya proxy Server ini, kita bisa memblock suatu IP.

F.  Web Server
     server ini merupakan server yang mungkin tidak aneh lagi didengar. Situs seperti Search engine,blog,website dan lain- lain pasti membutuhkan web server agar file-file web seperti html,php,asp bisa diproses terlebih dahulu dalam web server sebelum file tersebut dikirimkan ke keclient. web server melayani request servis denbgan protokol HTTP, dan ada juga IMAP ataupun FTP.

G. Telnet Server
    Merupakan server yang digunakan untuk melayani servis telnet. Adanya server ini, kita bisa melakukan remote komputer yang diinginkan. Sebelum kita meremote komputer, kita masuk dahulu dalam sistem login server telnet ini. permintaan kemidian diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.

H. File server
    File server dapat diartikan komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client. kapasitas penyimpana server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server.

I. Game Server
     Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.

J. DNS (Domain Name System) Server
      DNS server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP, Oleh karena itu, apabila kita menentukan DNS server pada Setingan IP address, maka akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google. Alamat Goole tersebut karena harus Diterjemahkan dahulu kedalam bentuk IP address sebelum komputer bisa terkoneksi ke server Google. sedangkan IP alamat server DNS belum ditentukan oleh kita.

K. Print Server
    Server ini dugunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Adanya server ini, segala aktifitas "print" bisa dilakukan secara bersama-sama dan menghemat biaya hardware. meskipun terdapat satu printer, bisa digunakan oleh banyak komputer.

L. Application Server
    dalam fungsinya, server ini merupakan komputer server yang digunakan untuk menjalankan suatu software aplikasi.

M. Streeming Media Server
    Server ini melayani servis streaming data media seperti musik,video.servis ini memungkinkan kita untuk mengakses sebuah konten apa saja konten tanpa mendownloadnya terlebih dahulu.

N. Home Server
     Server ini merupakan server yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Komputer ini bisa juga ditambah layanan servis lainnya seperti printing servis,web servis, maupun file servis sebagai backup data. komputer ini sehingga memiliki berbagai fungsi.  


No comments:
Write komentar