Thursday, August 25, 2016

Mengenal Virus Komputer

Mengenal Virus

virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya kedalam media penyimpanan /dokumen. bahkan, masuk kedalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer, serta menghapus file atau dokumen.

1. Apa itu virus

virus

sesuai dengan namanya , virus komputer komputer memiliki persamaan dengan arti Harfiah virus biologis tetapi perbedaannya  yang menjadi sasaran virus komputer adalah kestabilan komputer. Virus komputer mempunyai kemampuan untuk melumpuhkan dan menularkan. perbedaan virus dengan program-program lainnya karena virus dapat menginfeksi program lain,mengubah,memanipulasi bahkan merusaknya. Virus akan menular apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tersebut dijalankan.

berikut ini kriteria suatu program dapat disebut sebagai virus : 

A. berkemampuan memperbanyak diri
virus akan mempebanyak dirinya pada file yang ada dalam komputer. hal ini menyebabkan sulit untuk diketahui. bahwa sebenarnya virus sudah menyebar pada komputer atau belum. virus komputer akan menulari file yang belum tertukar, lalu menghapus atau mengubah namanya. selanjutnya, virus akan menduplikasi diri atau membuat sebuah file baru dengan nama file yang dihapus tersebut.

B. Berkemampuan mengumpulkan informasi
Virus komputer memiliki kemampuan mencari informasi di komputer. viruss ini akan mencari daftar nama file yang dapat terinfeksi dan menginfeksi komputer dan akan mendata dahulu file di komputer yang berekstensi .doc

C. Berkemampuan menyembunyikan diri
Virus juga mempunya kemampuan menyembunyikan diri, sehingga kita tidak bisa mengaksesnya di komputer. cobalah tekan Ctrl+Alt+Del untuk memunculkan Task manager, yang berisi rincian proses yang dijalankan di komputer. task manager  adalah alat yang memperlihatkan kegiatan dalam komputer. kita akan mengetahui kegiatan virus jika sedang bekerja. Virus seringkali membuat task manager, tidak dapat dibuka supaya kita tidak bisa memantaukegiatannya. Ukuran virus biasanya kecil, dan bertujuan agar kita tidak mencurigai file miliknya. dapat dikatakan, ini merupakan tehnik penyamaran virus.

D. Berkemampuan memriksa keberadaan sendiri
Virus memiliki kemampuan mengenali suatu file, dimana file tersebut sudah terdapat ID virus tersebut atau belum. jika belum, virus aka menginfeksi. Hal ini , untuk menghindari penyusupan ganda virus komputer ke sebuah file.

E. Berkemampuan memanipulasi
Hal berikut ini banyak dilakukan virus untuk menunjukan eksistensinya : 
- mengubah tampilan layar monitor dengan gambar atau kadang pesan-pesan aneh yang tidak perlu. biasanya, pesan-pesan tersebut dari sang virusmaker-nya.
-merusak struktur disk dan menghapus file-file
- mengganti volume disket
-mengacaukan kerja alat-alat komputer, seperti kerja printer,keyboard, dan berbagai periperal lainnya.

2. Dampak terkena virus

Beberapa tanda komputer terkena virus

  1.  komputer berjalan lebih lambat dari biasanya dan itu berlangsung secara konsisten.
  2.  komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon dan hal tersebut sering terjadi atau bisa dikatakan ngeheng
  3. komputer tiba-tiba restart atau crash dan ini terjadi beberapa menit sekali.
  4. komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.
  5. aplikasi komputer berjalan lambat
  6. harddisk atau drive tidak bisa diakses.
  7. aktifitas print tidak berjalan semestinya.
  8. sering terjadi pesan error yang aneh dan tidak biasanya.
  9. sering terlihat menu atau dialog box yang rusak.
Hal tersebut diatas merupakan gejala umum bahwa suatu komputer terifeksi oleh virus komputer, tetapi juga bisa akibat gangguan pada hardware dan software komputer.


No comments:
Write komentar