Sunday, April 2, 2017

Mengapa Linux lebih aman dari sistem operasi lain ?

linux
Linux adalah sistem operasi open source dimana setiap orang dapat membaca seluruh kode dan tetapi masih dianggap sebagai sistem operasi yang aman dari sistem operasi yang lain. Linux telah banyak digunakan di pasar teknologi karena banyak gadget yang berbasis Linux dan itulah sebabnya banyak orang yang membangun kepercayaan pada platform linux. dan mengapa linux menjadi sistem operasi yang aman dari yang lain? Berikut Alasanya :

1. Account Privilages (Keistimewaan Akun)

Pada windows pengguna mendapatkan otentikasi untuk mengakses segala sesuatu pada sistem seperti, pengaturan standar, mereka diberi hak administrator. Jika virus membuat jalan ke sistem, maka dengan cepat dapat memperoleh akses ke bagian penting dari sistem. Di sisi lain, pengguna linux diberi akses yang lebih rendah dan karenanya virus hanya bisa mencapai file atau folder lokal sehingga kerusakan pada sistem dapat di tangani dengan cepat.

2. Pengetahuan Komunitas (Knowledgeable Community)

Pengguna yang tidak cukup cerdas tentang teknologi akan dengan mudah mengunduh virus dengan hanya membuka email. Namun hal ini tidak berlaku di pengguna linux yang secara teknis jauh lebih berpengatahuan dan tidak akan membuka attachment email yang mencurigakan. Mereka harus memberikan dan menjalankan hak akses executable sehingga kecil kemungkinan kerusakan nyata akan terjadi. Banyak pengembang dan penguji serta komunitas bekerja di linux sehingga apabila terjadi kerusakan akan sangat cepat dan segera di atasi dan ini tidak akan ada pada sistem operasi lain. 

3. IPtables

Tingkat keamanan yang lebih tinggi pada mesin Linux di implementasikan pada bantuan fitur IPtables. yang menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk mengeksekusi kode atau perintah.

4. Keanekaragaman Lingkungan (Enviromental Diversity)

Linux dapat bekerja di banyak lingkungan seperti debian, Ubuntu, fedora dan banyak lagi. berbagai mail client, shell, system packaging juga membuatnya sangat beragam dan sebagai sasaran yang sulit bagi virus apapun. Ragam arsitektur jendela yang tidak banyak membuat virus dapat dengan mudah menyerang suatu sistem.  dan dengan demikian menjadi bencana bagi setiap lingkungan bisnis. 

5. Sistem Pemeriksaan Linux (Linux Auditing System)

Dalam Linux berbagai akses file dan dan sistem call dapat dilihat dari log events. Jadi apabila ada yang mencoba masuk untuk mengintip kedalam keamanan sistem maka semua pelanggaran kemanan itu dapat di tinjau oleh administrator. Kegagalan dalam login dan Pelanggaran keamanan lainnya juga dapat ditinjau oleh administrator.

6. Kurangnya Peminat (Lesser Audience)

Ukuran peminat atau pengguna Linux sangat rendah apabila dibandingkan dengan Windows dan Mac OS. Karena jumlah pengguna yang sedikit maka sedikit pula virus yang menargetkan pada os Linux.

No comments:
Write komentar