Monday, September 5, 2016

Bahasa Basis Data

cara berinteraksi antara pemakai dengan basis data telah diatur dalam bahasa khusus yang ditetapkan oleh suatu perusahaan pembuat DBMS. Bahasa ini disebut basis data. Contoh bahasa basis data misalnya SQL,dBase,Quel,dll

basis data


A. SQL (Structured Query Language)

Structured Query Language (SQL) adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL merupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. Dengan SQL, kita dapat mengakses database, menjalankan query untuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data di dalam database, dan mengubah data di dalam database. Saat ini hampir semua server database yang ada mendukung SQL untuk melakukan manajemen datanya.

B. dBase

dBASE adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu. Ketidakmampuan dBASE untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru, Microsoft Windows pada akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, dan Microsoft Access. kepemilikan dBASE pada akhirnya dijual ke Borland pada tahun 1991 dan pada tahun 1999 Borland menjual hak atas jajaran produk dBASE pada sebuah perusahaan baru dBASE Inc.

Dimulai dari pertengahan tahun 1980-an banyak vendor membuat dialek ataupun variasi pada produk mereka ataupun pada bahasanya sendiri. Termasuk didalamnya FoxPro (sekarang dikenal sebagai Visual FoxPro), Quicksilver, Clipper, Xbase++, Flagship, dan Harbour. Mereka-meraka iniah yang secara informal dikenal atau disebut sebagai xBase atau XBase.

dasar file format dBASE, yang dikenal sebagai file .dbf, saat ini merupakan salah satu format yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana untuk menyimpan data-data secara terstruktur.

dBASE dilinsensikan pada penggunanya untuk jangka waktu lima puluh tahun dalam masa yang tidak mungkin bagi pengguna untuk mengoperasikan dBASE selama jangka waktu tersebut.

C. Quel (Query by Example)

QUEL adalah bahasa akses database relasional, serupa dengan cara yang paling untuk SQL. Diciptakan sebagai bagian dari Ingres usaha di University of California, Berkeley, berdasarkan Codd sebelumnya menyarankan tetapi tidak dilaksanakan Data Sub-Language ALPHA. QUEL digunakan untuk waktu yang singkat di sebagian besar produk berdasarkan kode sumber Ingres yang tersedia secara bebas, terutama PostgreSQL. Sebagai Oracle dan DB2 memperoleh pangsa pasar di awal 1980-an, sebagian besar perusahaan kemudian mendukung QUEL pindah ke SQL sebagai gantinya.QUEL terus menjadi tersedia sebagai bagian dari Ingres DBMS, meskipun tidak ada bahasa khusus QUEL perangkat tambahan telah ditambahkan selama bertahun-tahun



berdasarkan fungsinya bahasa basis data dapat dipilah 3 bentuk, yaitu DCL(Data Control Language),DDl(Data Definition Language), dan DML(Data Manipulation Language).

A. DCL (Data Control Language)

DCL (Data Control Language) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk mengontrol data dan server basis Datanya.

B. DDl(Data Definition Language)

DDl(Data Definition Language) merupakaan struktur basis data yang menggambarkan atau mewakili desain basis data secara keseluruhan dispesifikasikan dengan bahasa khusus, yaitu DDL. Melalui bahasa ini kita dapat membuat tabel baru (Create table). indeks,mengubah tabel,menentukan struktur penimpanan tabel,dan lainnya. HAsil dari Perintah DDL adalah himpunan definisi data yang disimpan secara khusus pada kamus data (data dictionary). kamus data merupakan suatu metadata (superdata), yaitu data yang mendeskripsi data sesungguhnya.

C. DML(Data Manipulation Language) 

DML(Data Manipulation Language) adalah bentuk bahasa basis data untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi data pada basis data dapat berupa :


  1. penyisipan atau penambahan data pada file atau tabel dalam suatu basis data.
  2. penghapusan data pada file atau tabel dalam suatu basis data.
  3. Pengubahan data file atau tabel dalam suatu basis data.
  4. Penelusuran data file atau tabel dalam suatu basis data.

DML merupakan bahasa yang bertujuan memudahkan pemakai untuk mengakses data sebagaimana dipresentasikan oleh model data. Ada dua jenis DML yaitu:


  1. Prosedural, yang mensyaratkan pemakai menentukan data apa yang diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya. contoh : dBAse,FoxBase.
  2. Nonprosedural (Deklaratif), yang membuat pemakai data menentukan data apa yang diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana mendapatkannya. Contoh: SQL,QBE.
Query adalah pernyataan yang diajukan oleh pengguna untuk mengambil informasi di dalam suatu basis data. Query merupakan bagian dari DML yang digunakan untuk pengambilan Informasi disebut Query Language.


1 comment:
Write komentar